Buah-buahan dengan Rasa Asam Namun Kaya Manfaat untuk Kesehatan

0
213

“Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuhan-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan Kami keluarkan pula zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah, dan (perhatikan pula) kematangannya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.” (al-An’aam [6]: 99).  “Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun’’ (At Tiin:1).

Seringkali kita menjumpai penjual buah-buahan dimanapun, mulai dari pinngir jalan, toko kelontongan, mini market hingga di mall. Buah-buahan pun tidak hanya dijual begitu saja, melainkan berbagai olahan berbahan dasar buah banyak dijajakkan. Tidak semua buah-buahan memiliki rasa manis seperti yang diharapkan, banyak juga buah-buahan yang ternyata memiliki rasa yang asam, kecut bahkan pahit.

Namun apapun rasanya, ternyata buah-buahan memiliki banyak nutrisi yang terkandung didalamnya, seperti serat, mineral, vitamin, karbohidrat, kalsium dll. Tak terkecuali buah-buahan yang memilki rasa asam, ternyata dari berbagai nutrisi yang dikandungnya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, seperti buah-buahan rasa asam berikut ini:

1. Jeruk nipis
Pasti semua orang yang mencicipi jeruk satu ini bakal merinding, deh. Buah yang memiliki rasa asam ini kerap dijadikan olahan minuman dan makanan seperti soto, penghilang bau amis pada daging dll. Jeruk nipis mengandung nutrisi dan gizi yang baik untuk tubuh seperti kalsium, fosfor, zat besi, vitamin, lemak, karbohidrat, dan energi.

Jeruk nipis pun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meredakan batuk, melancarkan pencernaan, mengatasi gangguan pernafasan, mengatasi masalah peradadangan tulang, menangkal radikal bebas sumber penyakit kanker, tumor dsb. Tak hanya sampai disitu, ternyata buah asam satu ini baik untuk kecantikan wajah, mengatasi permasalahan pada rambut seperti ketombe, kulit kepala berminyak dll.

2. Lemon
Sama-sama berasal dari suku jeruk-jerukan, lemon pun memiliki rasa yang tak kalah asam dengan jeruk nipis. Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, gula, serat, kalori, magnesium, fosfor, potasium dll. Lemon juga memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, seperti melancarkan pencernaan, mengendalikan tekanan darah, mencegah anemia, kanker, mengatasi flu, demam batuk dll. Itulah beberapa diantara khasiat lemon untuk kesehatan.

3. Kedondong
Buah yang memiliki rasa asam dan kecut ini sekarang sudah mulai langka. Namun meskipun rasanya asam, khasiat buah satu ini jangan diragukan lagi, baik untuk kesehatan jantung, mengatasi anemia, menjaga kesehatan tulang dan gigi, mengatasi masalah pencernaan, mengendalikan kadar kolesterol, dan memulihkan luka. Manfaat tersebut didapat dari kandungan nutrisi kedondong seperti kalsium, vitamin, zat besi, fosfor,  protein, energi, lemak, dan karbohidrat.

4. Markisa
Sama halnya dengan kedondong, buah satu ini zaman sekarang terbilang langka. Meskipun rasanya benar-benar asam, markisa memiliki banyak khasiat juga, lho. Mulai dari mencegah kanker, meningkatkan imun tubuh, menjaga kesehatan mata, melancarkan pencernaan, mengobati asma, mengobati diabetes, menguatkan tulang dll. Kandungan nutrisi dalam markisa meliputi vitamin C, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, serat, zat besi, kalium, kalsium,  magnesium, fosfor,  tembaga, selenium, dan zinc.

5. Ceremai
Ceremai menyusul kedondong menjadi buah-buahan yang terbilang langka sekarang ini. Buah dengan rasanya yang sungguh asam inipun kaya nutrisi seperti vitamin C, A, B6, B6, B9, dan B1, tannin, quercetin, flavonoid, kalium, kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium dan mangan. Buah ceremai memiliki khasiat untuk mengatasi masalah pencernaan, mengatasi gejala diabetes, menjaga kesehatan jantung, mengatasi masalah diuretik, mengatasi penyakit kanker, asma.

6. Belimbing Wuluh
Buah yang biasa dijadikan sebagai pelengkap makanan ini memiliki rasa asam yang terbilang ekstrem. Namun dibalik rasanya yang asam memiliki sejuta manfaat, lho. Berkhasiat untuk mengatasi alergi, meredakan demam, batuk dan flu, mengatasi diabetes, tekanan darah tinggi, wasir, menjaga kesehatan gigi dan tulang, serta meredakan rasa nyeri.

Kandungan nutrisi dalam belimbing wuluh meliputi vitamin A, C, vitamin B kompleks. Kandungan mineral mencakup fosfor, kalsium, dan zat besi serta mengandung antioksidan yang berkhasiat menangkal radikal bebas yang membahayakan bagi tubuh.

7. Asam Jawa
Asam jawa di Indonesia sendiri biasa dijadikan sebagai rempah atau ramuan obat tradisional. Buah yang memiliki nama latin tamarindus indica L inipun mulai merambah dijadikan permen dengan rasa khas, asam.

Asam jawa bermanfaat menurunkan gula darah, menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol tinggi, baik untuk sistem pencernaan, mengatasi gejala demam seperti flu, batuk, sakit tenggorokan.

8. Strawberry
Menurut kamu strawberry asam gak? Bisa dibilang buah satu ini memiliki rasa manis campur asam, ya. Buah mungil satu ini sama halnya buah-buahan lain mengandung nutrisi seperti vitamin, air, protein, gula, serat, lemak, karbohidrat, kalsium, zat besi, fosfor, potasium, sodium, dan zinc.

Strawberry berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kanker, mengatasi peradangan tulang, meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata. Itulah beberapa manfaat buah strawberry bagi kesehatan.

9. Sirsak
Sirsak merupakan buah-buahan yang memiliki banyak khasiat mulai dari akar, daun hingga buahnya, hal itu telah dibuktikan oleh berbagai penelitian dan hasilnya telah dimanfaatkan oleh banyak orang. Buah sirsak mengandung vitamin C, B1, B2, antioksidan, kalori, karbohidrat, air, gula, serat, lemak, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium dan zinc.

Sirsak bermanfaat untuk mengatasi penyakit kanker, diabetes, masalah sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh, menyembuhkan nyeri dll.

10. Tomat
Tomat pun menjadi salah satu buah-buahan yang terbilang memiliki rasa asam, buah yang satu ini lebih sering dijadikan bumbu rempah untuk masakan. Tomat menjadi salah satu buah-buahan asam yang memiliki gizi tinggi juga, lho. Tomat yang dalam bahasa Inggris bernama tomato mengandung serat, vitamin, mineral, kalsium, fosfor, magnesium, sodium, zat besi, sodium, karbohidrat, lemak dan antioksidan dan bermanfaat untuk mencegah kanker, kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan mata, memperkuat tulang, menjaga kesehatan kulit dll.

Wah meskipun rasanya asam ternyata kaya akan manfaat untuk kesehatan, ya. Di balik rasa yang gak disukai banyak orang ternyata memiliki segudang manfaat.

Sumber : IDN Times