Dampak Buruk Kecanduan Game dan 4 Cara Mengatasinya

0
217

ADA kaidah yang berbunyi bahwa segala sesuatu yang mubah, jika dilakukan berlebihan maka akan menimbulkan efek negatif. Sama halnya ketika kita bermain game. Jika dilakukan hanya sesekali, bermain game bisa saja bermanfaat untuk melepas stres. Namun jika sudah kecanduan game, maka pasti ada berdampak buruk.

Kita pasti setuju bahwa bermain adalah hal yang mubah atau diperbolehkan. Namun tetap saja, tidak dengan cara berlebih-lebihan karena akan menimbulkan efek negatif. Lalu apa saja dampak buruk kecanduan game?

1. Orang yang kecanduan akan merasa murung, stres, atau marah ketika tidak bisa bermain game.

2. Orang yang kecanduan memerlukan lebih banyak waktu untuk bermain agar merasa lebih baik.

3. Orang yang kecanduan cenderung akan menghamburkan uang untuk membeli game.

4. Orang yang kecanduan sering mengalami masalah di rumah, sekolah, atau kantor terkait kebiasaan bermain game.

5. Orang yang kecanduan memiliki kebiasaan berbohong kepada orang lain karena dorongan untuk selalu bermain game.

6. Orang yang kecanduan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game tanpa menjalani aktivitas lain, seperti makan, mandi, belajar, atau bekerja.

Kabar baiknya, setiap penyakit pasti ada obatnya. Nah, di bawah ini ada berapa tips bagi orang yang kecanduan game agar bisa sembuh yang dikutip dari Alodokter.

1. Membatasi Waktu Bermain Game
Cara pertama yang bisa dilakukan bagi penderita kecanduan game online adalah dengan membatasi waktu bermain game tersebut. Cara ini sebagai ikhtiar untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah kecanduan game online.

Jika Anda memiliki tanda kecanduan game online seperti sering menghabiskan waktu terlalu lama untuk bermain game, cobalah untuk membuat jadwal bermain game dan beri batas waktu bermain. Misalnya bermain game hanya 1 jam per hari.

Aturan bermain game ini harus dijalankan dengan rasa penuh tanggung jawab. Artinya, jangan sampai melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Adanya jadwal yang teratur bisa membantu Anda membagi waktu antara bermain game dan menyelesaikan kewajiban lain.

2. Mencari Hobi Baru
Untuk mengurangi kecanduan, Anda juga bisa mencoba beberapa hobi baru. Carilah hobi yang bermanfaat seperti olahraga, membaca buku dll. Aktivitas tersebut bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian Anda dari kecanduan game, baik game di ponsel atau di komputer.

Tak hanya baik untuk mengurangi kecanduan game online, aktivitas fisik atau olahraga rutin juga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan fit, serta mencegah dan meringankan masalah kesehatan karena terlalu sering bermain game, misalnya nyeri punggung.

3. Menjauhkan Perangkat Game
Cara ketiga mengatasi kecanduan game adalah dengan menjauhkan perangkat game tersebut. Dan kita tahu, kamar tidur sering kali menjadi tempat yang nyaman untuk bermain game online.

Orang yang kecanduan mungkin bisa menghabiskan waktu berjam-jam hingga larut malam untuk bermain game di kamar. Perilaku bermain game seperti ini tentu bisa mengganggu waktu tidur dan bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan Anda.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kecanduan permainan online ini, sebaiknya letakkan perangkat yang digunakan untuk bermain, seperti ponsel, komputer, atau konsol game, di luar kamar tidur. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi waktu bermain karena tidak ada perangkat bermain di dekat Anda.

4. Menjalani Psikotrapi
Cara terakhir mengatasi kecanduan game yang mungkin bisa Anda lakukan adalah dengan berkonsultasi ke psikolog atau psikiater. Menanggapi keluhan soal kecanduan tersebut, dokter atau psikolog mungkin akan memberikan psikoterapi.

Salah satu teknik yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan kecanduan permainan online adalah terapi kognitif perilaku atau cognitive behavioral therapy (CBT).

Kecanduan game online merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang belakangan banyak terjadi. Apabila Anda mengalami kecanduan permainan online hingga mengganggu waktu istirahat, sekolah, atau pekerjaan sehari-hari, sebaiknya segera konsultasikan ke psikolog atau psikiater.

Itulah beberapa dampak buruk kecanduan game (offline atau online) dan empat cara mengatasinya. Semoga kita semua dihindarkan dari aktivitas-aktivitas yang tidak bermanfaat seperti berlebihan bermain game. Apalagi aktivitas tersebut bisa menimbulkan dosa dan mudharat bagi pribadi. Wallahu a’lam. [Islampos]