Judul asli artikel “LIHATLAH TEMAN DEKAT ANAK KITA” ditulis oleh Ustadz A Khaerul Mu’min, S.Pd. beliau juga Konsultan Keluarga, Kesehatan dan Karir, Dosen Pendidikan Agama Islam serta Penulis Karya Ilmiah

Orang tua diberikan tugas oleh Allah untuk mendidik anak hingga anak bisa menjadi penerus yang berguna bagi bangsa dan Agama. Maka dari itu tugas berat orang tua terutama pada zaman sekarang adalah mendidik anak yang sudah terbiasa dengan internet.

Internet ibarat sebuah pisau, jika pisau digunakan untuk memasak maka akan berguna secara positiv. Pisau bisa digunakan untuk hal negative seperti mengancam bahkan membunuh seseorang. Untuk itu, orang tua harus bisa mendidik anak agar menggunakan internet dengan baik.

Pengaruh internet bisa membuat anak lebih baik karena mengenal teman-teman yang baik, sebaliknya, internet akan menjadi racun ketika anak berkenalan dengan teman dunia maya yang tidak baik. Berikut artikel lihat teman dekat anak kita.

Pengaruh Teman Terhadap Anak
Teman adalah lingkungan yang dapat mempengaruhi piskologis atau karaker anak. Dalam teori pendidikan, lingkungan mempengaruhi karakter bahkan kesuksesan adalah lingkungan. Lingkungan yang ditemui anak adalah lingkungan keluarga, sekolah termasuk teman-temannya.

Dari Abu Musa Al-Asy’ariy radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالسَّوْءِ كَحَامِلِ الْمِسْكِ وَنَافِخِ الْكِيرِ ، فَحَامِلُ الْمِسْكِ إِمَّا أَنْ يُحْذِيَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَبْتَاعَ مِنْهُ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ مِنْهُ رِيحًا طَيِّبَةً ، وَنَافِخُ الْكِيرِ إِمَّا أَنْ يُحْرِقَ ثِيَابَكَ ، وَإِمَّا أَنْ تَجِدَ رِيحًا خَبِيثَة

“Permisalan teman duduk yang shalih dan buruk adalah seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi ia akan memberimu minyak wangi, atau kamu akan membeli darinya atau kamu akan mendapat bau harum darinya. Adapun tukang pandai besi, bisa jadi ia akan membuat pakaianmu terbakar, atau kamu akan mendapat bau yang tidak sedap darinya.” (HR. Bukhari No. 2101, Muslim No. 2628)

Dari hadist diatas menunjukan bahwa teman akan berpengaruh terhadap anak, baik secara karakter maupun karirnya. Dengan mengamalkan hadist ini, orang tua wajib mengetahui dengan siapakah anak bergaul, jangan sampai orang tua membiarkan anak bergaul dengan teman yang salah.

Cek lah secara berkala hp anak apakah ada teman yang membuat anak berubah karakternya atau tidak, karena di internet anak akan bertemu dengan berbagai macam karakter yang berbeda-beda.

Ada kasus yang pernah ditangani oleh penulis adalah kasus dimana seorang anak yang berontak terhadap orang tua, kemudian anak mempunyai teman dunia mayanya dan memutuskan kabur dari rumah. Setelah kabur ternyata anak bertemu dengan teman yang mengkonsumsi narkoba.

Ketika temannya menawarkan narkoba, client ikut mengkonsumsi narkoba berupa pil koplo. Alhamdulillah clint masih bisa di selamatkan dengan diterapi untuk pecandu narkoba oleh penulis.

Dari kisah diatas kita sebagai orang tua harus benar-benar mengetahu siapa saja yang menjadi teman anak kita baik didunia maya maupun dunia nyata. Karena dengan mengetahui siapa teman anak kita, maka itu adalah iktiar kita sebagai orang tua untuk menjaga anak kita.

Kesimpulan
Orang tua diberikan tugas oleh Allah untuk mendidik anak hingga anak bisa menjadi penerus yang berguna bagi bangsa dan Agama. Pengaruh internet bisa membuat anak lebih baik karena mengenal teman-teman yang baik, sebaliknya, internet akan menjadi racun ketika anak berkenalan dengan teman dunia maya yang tidak baik.
Cek lah secara berkala hp anak untuk mengetahui siapasajakah temannya didunia maya, karena dengan mengetahui siapa teman anak kita, maka itu adalah iktiar kita sebagai orang tua untuk menjaga anak kita.

***

Bagi yang ingin berkonsultasi keluarga, kesehatan dan karir bisa menghubungi :
Laki-laki : +62857-1513-1978
Perempuan : +62855-1777-251