UMIKA Media Gelar Pelatihan Jurnalistik

0
123

UMIKA Media menyelenggarakan pelatihan jurnalistik untuk anggota di Majlis Taklim Ar Rahmah Perum Telagasari Indah, Karawang, tadi siang, Ahad (7/6/2020). Acara diikuti 12 anngota dari pengurus pusat UMIKA dan Anggota.

Pelatihan itu merupakan yang pertama bagi anggota. “Kami ingin memberikan pelajaran dasar tentang Jurnalistik. Tujuannya agar anggota mendapatkan informasi mengenai jurnalisme dari profesional yang sudah menjadi jurnalis,” ujar ketua pelaksana pelatihan dari UMIKA Media, Kang Adi yang sekaligus pemateri pada pelatihan tersebut dan juga Pemimpin Redaksi Umika.id

Kang Adi memberikan materi tentang dasar manajemen media massa. Bahasannya mencakup pentingnya bagi jurnalis untuk berdakwah tentunya sesuai norma-norma agama yang berlandaskan Qur’an dan Hadist, kaidah dan kode etik Jurnalis. “Yang penting harus mengandung unsur dakwah,” katanya.

Menurutnya, seorang jurnalis juga perlu bersikap skeptis, ragu-ragu, dan tidak mudah percaya. Dengan demikian, seorang jurnalis akan selalu memverifikasi informasi yang didapat. Tugas jurnalis ialah mencari kebenaran dan sebagai ladang amal.

Sementara itu, Kang Adi kepada peserta menerangkan penulisan berita, seperti menentukan kelayakan suatu berita untuk diketahui khalayak. Selain itu, materinya mencakup cara menetapkan sudut pandang yang menarik, dengan penulisan judul, awal berita, dan tubuh berita sesuai dengan etika jurnalistik.

Saya juga dalam tahap belajar tentunya masih harus banyak kekurangan dan belajar lagi tentang jurnalisme. Pungkasnya.(UM)