Mengenal Berbagai Macam Sistem Operasi

0
79

Sistem operasi atau operating system yang lebih sering disingkat OS adalah perangkat program yang mengolah sumber daya hardware komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi software. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari software sistem dalam sistem komputer.

Sistem operasi merupakan suatu software yang sifatnya mendasar dan mutlak diperlukan untuk mengoperasikan komputer. Sistem operasi merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki.

Sementara itu, sistem operasi berdasarkan American National Standart Institute (ANSI) adalah software yang mengontrol pelaksana program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, komplikasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Ada banyak sekali macam-macam sistem operasi yang penting diketahui, berikut ini informasinya telah dirangkum berbagai sumber lainnya:

Fungsi Sistem Operasi
Sebelum mengetahui macam-macam sistem operasi dalam komputer, penting bagi kita untuk terlebih dahulu memahami fungsi sistem operasi itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari macam-macam sistem operasi:

  • Mengelola sumber daya yang terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan.
  • Mempersiapkan agar program software dapat berinteraksi dengan hardware secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detail hardware.
  • Melakukan pengelolaan proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
  • Melakukan pengelolaan data pengendalian terhadap data input atau output.
  • Melakukan penerjemahan sebagai perantara komunikasi antara komputer dengan user.
  • Mengatur pembagian dan pengiriman instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.