Cara Nabi Muhammad menjaga kesehatan untuk hidup sehat sebaiknya dapat menjadi pedoman yang dapat kita teladani sebagai umat Islam.

Perlu diketahui bahwa Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam selalu menerapkan hidup sehat selama masa hidupnya dan bahkan ada beberapa tuntunan gaya hidupnya yang menjadi amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Dengan menjaga kesehatan, kita akan terhindar dari berbagai penyakit yang dapat menghambat segala aktivitas terutama dalam melaksanakan ibadah setiap harinya.

Memiliki tubuh yang sehat merupakan hal yang diinginkan semua orang. Oleh karena itu kita bisa mencontoh cara Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam dalam menjalani hidup sehatnya. Lantas apa saja cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam? Simak ulasannya berikut ini.

1. Selalu mengonsumsi makanan halal
Cara pertama yang dilakukan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam untuk menjaga kesehatannya adalah dengan mengonsumsi makanan halal.

Makan makanan halal merupakan hal yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam yang telah diperintahkan Allah SWT melalui Surat An-Nahl ayat 114, yakni “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”
Makanan yang halal tentu dapat menyehatkan tubuh kita agar terhindari dari segala macam penyakit.

2. Berpuasa
Selain menambah pahala dan keimanan kita, berpuasa juga memberikan banyak manfaat baik dan sehat bagi tubuh. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam senantiasa melaksanakan puasa sunnah senin dan kamis yang menjadi amalan sunnah yang dapat kita kerjakan.

3. Menjaga Kebersihan Tubuh dan Lingkungan
Faktor utama agar terhindar dari sakit adalah selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Apabila lingkungan sekitar kotor tentu akan memiliki risiko pertumbuhan penyakit yang dapat dengan mudah terkena tubuh kita.

Oleh karena itu kita juga perlu untuk membentengi diri dengan menjaga kebersihan tubuh agar tidak terserang penyakit. Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan menjadi salah satu pola hidup sehat Rasulullah yang patut kita teladani.

4. Berolahraga
Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam selalu rutin untuk berolahraga. Olahraga yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam untuk dilakukan adalah memanah, berenang dan berkuda.

5. Mengonsumsi Obat Herbal
Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam selalu mengonsumsi obat herbal untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam selalu mengonsumsi madu, kurma, jinten hitam atau habbatussauda dan masih banyak lainnya.

Itulah 5 cara Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam menjalani hidup sehat yang patut kita teladani sebagai umat Islam. Kita harus senantiasa menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai yang dapat menghambat aktivitas kita terutama melaksanakan ibadah.

Sumber: suara.com