Muhammad Al-Fatih (Mehmed Bir Cihan Fatihi) Episode 1

0
236
video
play-sharp-fill

Sinopsis Fetih 1453 Alur film dimulai dengan gambaran kota Madinah, waktu Rasulullah shallallahu alihi wasalam mengatakan sebuah hadis berikut, Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (H.R. Ahmad bin Hanbal Al-Musnad 4/335). Alur kemudian berganti beberapa masa saat Mehmed II (Devrin Evin), anak dari Sultan Murad II dilahirkan di kota Edirne, Turki pada tanggal 29 Maret 1432 M. Bersamaan dengan lahirnya Mehmed II, banyak keajaiban yang terjadi seperti banyak kuda melahirkan anak kembar, hasil panen mencapai empat kali setahun dan sebagainya.

Menginjak umurnya yang ke-12 tahun, Mehmed II diangkat menjadi sultan, karena ayahnya tidak mampu menyelesaikan perang dingin antara penasihat dan pemberontak. Hal ini dilakukan setelah anaknya, Aladdin meninggal dunia tanpa disangka-sangka.
Akan tetapi, kedudukan Sultan Mehmed II ini tidak bertahan lama. Pasalnya Perdana Menteri Halil Pasha membuat Sultan Murad II kembali berkuasa, karena adanya kemungkinan ancaman serangan dari tentara salib.

Mehmed II pun dikirim ke Saruhan Sancagi. Suatu ketika, Sultan Murad II meninggal dan Mehmed II kembali dipanggil pulang ke Edirne dan dinaikan menjadi sultan kembali. Berita kematian Sultan Murad II ini sampai ke Kaisar Konstantinopel. Hal ini tentu membuat Kaisar Konstantinopel berbahagia.

Meskipun demikian, penasihat Kaisar Adipati Notaras justru merasa takut, karena Mehmed II yang menjadi Sultan Ottoman. Ia mengetahui bahwa Sultan Mehmed II mempelajari ilmu ketentaraan dan sebagainya hanya untuk menaklukan Konstantinopel.

Dilansir dari laman History, Konstantinopel adalah kota kuno di Turki modern yang sekarang dikenal sebagai Istanbul. Konstantinopel berkembang menjadi pusat pelabuhan berkat lokasi geografisnya yang utama antara Eropa dan Asia dan pelabuhan alaminya. Pada masa Kaisar Romawi Konstantinus, Konstatinopel menjadi kota Kristen dengan kekayaan luar biasa yang memiliki arsitektur yang megah.

Konstantinopel berdiri sebagai kekaisaran Bizantium selama 1.100 tahun lamanya, hingga suatu ketika kota ini dapat ditaklukan oleh Mehmed II dari Kekaisaran Ottoman pada tahun 1453. Pada akhir film nanti, penonton akan diperlihatkan bagimana Sultan Mehmed II memimpin penaklukan Konstantinopel dan menghasilkan sebuah kemenangan.