Dalam Islam, sikap terhadap orang yang curang adalah penting dan dijelaskan dalam berbagai ajaran agama yang meliputi etika, moralitas, dan keadilan. Islam mengajarkan untuk menjaga integritas diri dan menghindari perilaku curang[1].

Berikut ini adalah beberapa prinsip dalam Islam yang dapat dijadikan pedoman dalam menyikapi orang yang curang:

  1. Keadilan

Islam menekankan pentingnya keadilan bagi semua individu. Saat berhadapan dengan seseorang yang curang, penting untuk tetap adil dalam perlakuan kita terhadap mereka. Kita tidak boleh membalas kecurangan dengan cara yang sama atau menjadi seperti mereka.

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ (34) وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.” (QS. Fushilat: 34-35)

  1. Berikan bukti-bukti kecurangan

Salah satu tugas seorang Muslim adalah saling menasehati dan memberi teladan baik kepada sesama muslim. Jika kita mengetahui bahwa seseorang melakukan tindakan curang, kita dapat mencoba untuk memberikan bukti-bukti kepada mereka agar tidak bisa menyembunyikan lagi kecuranganya. Rasulullah bersabda :

                عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: «لَوْ يُعْطَى النَّاسُ بِدَعْوَاهُمْ، لَادَّعَى رِجَالٌ أَمْوَالَ قَوْمٍ وَدِمَاءَهُمْ، وَلَكِنِ البَيِّنَةُ عَلَى المُدَّعِي، وَاليَمِيْنُ عَلَى مَنْ أَنْكَرَ» حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ البَيْهَقِيُّ هَكَذَا، بَعْضُهُ فِي الصَّحِيْحَيْنِ.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seandainya setiap manusia dipenuhi tuntutannya, niscaya orang-orang akan menuntut harta dan darah suatu kaum. Namun, penuntut wajib datangkan bukti dan yang mengingkari dituntut bersumpah.” (Hadits hasan, diriwayatkan oleh Al-Baihaqi seperti ini dan sebagiannya ada dalam Bukhari dan Muslim) [HR. Al-Baihaqi, no. 21201 dalam Al-Kubro seperti ini, sebagiannya diriwayatkan dalam Shahihain, yaitu Bukhari, no. 4552 dan Muslim, no. 1711].

  1. Memohon bantuan Allah

Dalam situasi sulit seperti ini, sangat penting bagi seorang Muslim untuk memohon bantuan dari Allah SWT agar diberikan ketenangan hati dan bijaksana dalam menyikapi orang yang curang.

             وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – ، عَنِ النَّبِيِّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ : (( تَعَوَّذُوا بِاللهِ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ ، وَسُوءِ القَضَاءِ ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاء )) متفق عَلَيْهِ. وَفِي رِوَايَةٍ قَالَ سُفْيَانُ : أَشُكُّ أَنِّي زِدْتُ وَاحِدَةً مِنْهَا.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Mintalah perlindungan kepada Allah dari beratnya cobaan, kesengsaraan yang hebat, takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan.” (Muttafaqun ‘alaih) [HR. Al-Bukhari, no. 6347 dan Muslim, no. 2707]

Doa yang bisa dirangkai dari hadits di atas,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ البَلاَءِ ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ ، وَسُوءِ القَضَاءِ ، وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاء

 (artinya: Ya Allah aku meminta perlindugan kepada-Mu dari beratnya cobaan, kesengsaraan yang hebat, takdir yang jelek, dan kegembiraan musuh atas kekalahan).”

Namun demikian, setiap kasus memiliki konteks sendiri-sendiri dan bisa jadi ada perbedaan penanganan tergantung pada tingkat keseriusan atau dampak dari perilaku curang tersebut. Untuk mendapatkan pendapat lebih lanjut tentang situasi spesifik Anda atau kasus tertentu lainnya, disarankan berkonsultasi dengan ulama atau figur agama terpercaya.

Referensi:

[1] AZZALYA JIHAND AL AZHARI NIM, ‘REPRESENTASI SELF-REWARD PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA DALAM TINJAUAN TEORI KONSTRUKSI SOSIAL PETER L BERGER’ (UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL SURABAYA, 2023).

***
Tentang Penulis
Judul asli artikel “MUSLIM YANG BAIK DALAM MENYIKAPI KECURANGAN” ditulis oleh Ustadz A Khaerul Mu’min, M.Pd. beliau juga Konsultan Keluarga, Kesehatan dan Karir, Dosen STEI Bina Cipta Madani Karawang serta Penulis Karya Ilmiah
Bagi yang mau konsultasi keluarga, kesehatan dan karir hubungi :
Laki-laki : +62857-1513-1978
Perempuan : +62855-1777-251